Asupan Sehat Untuk Payudara

Di Indonesia, tingkat kematian akibat kanker payudara menempati urutan kedua setelah kanker leher rahim. Berbeda dengan di negara maju, seperti Amerika Serikat, di mana angka kematian akibat kanker payudara tergolong rendah, karena kaum perempuan di sana sudah semakin tinggi kesadarannya untuk menjaga kesehatan payudara.

Agar payudara selalu sehat, kuncinya ada pada perbaikan pola hidup yang meliputi pola makan, aktivitas fisik, pengurangan konsumsi alkohol, dan menghindari rokok. Adapun yang dimaksud dengan perbaikan pola makan adalah rajin mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan payudara yang optimal, yaitu sayur dan buah dengan kandungan gizi tinggi diantaranya:

  1. Buncis jika dikonsumsi 2 (dua) kali seminggu, risiko terkena kanker payudara berkurang 24%.
  2. Sayuran bertulang seperti kubis, kembang kol dan brokoli, diketahui mengandung zat kimia hijau (phytochemical) yang paling ampuh sebagai anti kanker payudara. Sayuran ini lebih baik dimakan secara mentah atau dimasak sebentar saja, karena panas akan menghilangkan phytochemical yang terkandung di dalamnya.
  3. Sayuran kaya karoten (seperti tomat, ubi jalar, wortel, bayam, dan paprika) merupakan sumber gizi untuk payudara dan ampuh melawan kanker. Sebaiknya dimasak sebentar sebelum disantap, agar karoten memberi manfaat optimal dalam tubuh kita.
  4. Semua makanan berbahan kedelai (seperti susu kedelai, tofu, tahu, tempe, kedelai panggang) memiliki struktur gizi sebagai sumber isoflavon terbaik. Isoflavon merupakan estrogen yang terkandung di dalam tanaman dan ampuh melindungi payudara dari efek karsihogenik.
  5. Jeruk merupakan buah favorit yang mengandung banyak asam folat, vitamin C dan semua jenis phytochemical yang ampuh melawan kanker payudara.
  6. Buah berry banyak mengandung vitamin C, serat dan flavonoid phytochemical. Yang hebat lagi, buah berry rendah kalori. Buah lezat ini mengandung zat anti kanker dan dapat dihidangkan dalam berbagai cara.
  7. Vitamin D juga memiliki peran penting dalam melawan kanker payudara. Ikan yang mengandung minyak (seperti tuna, sarden, salmon, makarel) ternyata secara alami mengandung banyak vitamin D dan asam lemak omega 3 yang juga diketahui penting untuk kesehatan payudara dan otak.
  8. Minyak zaitun asli diketahui sangat berguna bagi kesehatan payudara dan jantung. Sejak ditemukannya zat anti kanker di dalam minyak zaitun, minyak ini menjadi pilihan bijak saat kita memasak.

0 Response to "Asupan Sehat Untuk Payudara"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme